Tentang Kami

 

MUQADDIMAH

Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran Universitas Muhammadiyah Surakarta (Pondok Shabran UMS) adalah program pendidikan dan pengkaderan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Setiap tahun Pondok Shabran UMS memberikan beasiswa kepada 40 mahasantri putra utusan dari Pimpinan Wilayah seluruh Indonesia. Tahun ini mahasantri diarahkan pada program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Hukum Ekonomi Syariah (HES), serta Ilmu Quran dan Tafsir (IQT).

VISI

Menjadi pusat pendidikan tinggi kader ulama tarjih dan tabligh Muhammadiyah tingkat nasional untuk pencerahan umat dan bangsa menuju peradaban utama.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset yang diorientasikan pada pengembangan ilmu-ilmu keislaman dan kemuhammadiyahan, terutama ketarjihan dan dakwah.
  2. Mengembangkan potensi mahasantri menjadi kader ulama dalam bidang Tarjih dan Tabligh yang beraqidah kuat, taat beribadah, berakhlak mulia, dan berkemajuan sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah. 
  3. Memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang hukum Islam, dakwah, dan pengembangan Muhammadiyah.

TUJUAN

  1. Menjadi lembaga pendidikan tinggi ulama yang unggul dalam studi ketarjihan, dakwah, dan kemuhammadiyahan.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi ulama Tarjih dan Tabligh, militansi dan komitmen yang tinggi pada Persyarikatan Muhammadiyah.
  3. Mengembangkan masyarakat melalui pemikiran, fatwa, dan kegiatan dakwah menuju masyarakat utama.

STATUS

Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran merupakan program pendidikan tinggi kader ulama tarjih dan tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

KEUNGGULAN PROGRAM

  1. Memperoleh bimbingan langsung dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
  2. Memperoleh beasiswa penuh dari UMS.
  3. Memperoleh gelar sarjana Pendidikan Agama Islam (S.Pd), Hukum Ekonomi Syariah (SH), dan Ilmu Al-Quran dan Tafsir (S.Ag) dari Fakultas Agama Islam UMS.
  4. Pengabdian selama setahun dibawah langsung bimbingan dan arahan sertapenempatan oleh Lembaga Dakwah Khusus Pimpinan Pusat Muhammadiyah

FASILITAS DAN BIAYA PENDIDIKAN

  1. UMS menyediakan beasiswa meliputi: (1) asrama (tidak termasuk perlengkapan tidur), (2) biaya pendaftaran UMS, (3) biaya orientasi studi, (4) biaya registrasi setiap semester, (5) dana pembangunan, (6) SPP 9 semester, (7) biaya ujian mid dan semester, (8) Ujian Skripsi, dan (9)Wisuda.
  2. UMS tidak menanggung: (1) Biaya hidup dan transportasi, (2) biaya praktikum, (3) biaya lain yang menunjang kelancaran studi, (4) biaya keterlambatan studi yang melebihi 9 semester.
  3. Mahasantri angkatan 2017 diarahkan untuk jurusan: Ilmu Qur’an dan Tafsir, Pendidikan Agama Islam, dan Hukum Ekonomi Syariah.
  4. Penentuan Jurusan ditentukan berdasarkan hasil ujian seleksi.
  5. Asrama Pondok yang nyaman, sarana pendidikan memadai, dan akses perpustakaan lengkap.

Interested for our works and services?
Get more of our update !